3 Cara Solusi Kreatif Untuk Memilih Nama Brand Atau Perusahaan

Jika anda pernah berusaha untuk memberi nama suatu perusahaan, anda pasti tahu bahwa prosesnya dapat sangat melelahkan. Pertama, nama domain terbaik sudah dipakai selama 10 tahun. Jika anda menginginkan nama perusahaan yang tidak umum, dalam bahasa inggris, anda perlu siap-siap untuk menghabiskan lebih dari puluhan ribu dolar untuk mengklaim keberadaan web Anda.

Kemudian, muncul pertanyaan dari brand dagang anda. Anda akan melalui berbagai upaya untuk penamaan perusahaan anda dan anda akan menyadari, faktanya usaha dan upaya anda tidak hanya berbahaya itu juga dapat menjadikan perusahaan anda dalam masalah.

Bagaimana cara memilih nama suatu brand?

Untungnya, setiap kendala memiliki cara untuk menumbuhkan kreativitas. Ketika memberi nama perusahaan anda, anda membutuhkan dorongan yang jelas untuk menemukan peluang yang tersembunyi. Cara terbaik untuk memulai adalah fokus pada hal-hal dasar seperti psikologi manusia. Berikut adalah beberapa tips untuk mengawal anda dalam menemukan suatu ide original dan akan membantu anda melewati hiru pikuk trademark.

Penekanan ke dalam kekuatan simbolisme dan suara

Hasil dari beberapa pengalaman, bahwa suara/bunyi tertentu dapat menginspirasi hal positif dan kemungkinan akan lebih disukai, diingat, dan dibagikan. Beberapa perusahaan seperti Haagen Dasz dan Limoncello sudah memanfaatkan strategi ini selama satu dekade untuk memperkuat pengalaman berkesan melalui suara.

Pada tahun 2003, ahli saraf Vilanyanur Ramachandran menerbitkan sebuah penelitian yang merinci hubungan antara bagian otak dan metafora tertentu. Beliau menyimpulkan bahwa suara bisa menjadi gambaran bahwa orang akan mendengar suara melalui warna dan selera.

Saat memilih nama untuk brand perusahaan Anda, pikirkan kata-kata yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di Brandroot Anda bisa memilih nama perusahaan baru Anda dengan mudah. Penemu Brandroot Michael Rader mengatakan bahwa anda harus berfokus pada kata yang anda idamkan dengan pengalaman indera secara spesifik. Sebagai contoh dalam kegelapan, kekuatan, keringanan, kelemahan, ketajaman, kekusaman.

Pikirkan konsep yang Anda pelajari saat kelas bahasa Inggris di SMA Anda, ermasuk aliterasi, assonance, interjections, dan consonants. Anda bisa belajar lebih banyak dan menyusun beberapa ide Anda dengan membaca artikel ini.

Gunakan teknik menghafal untuk menemukan konsep yang menempel

Nama perusahaan terbaik digambarkan dengan emosi yang mudah diingat sebagai hasil dari pencapaian. Jika Anda berjuang untuk memberi nama perusahaan Anda, hentikan fokus pada apa yang Anda inginkan dari perusahaan Anda. Sebagai gantinya, pikirkan emosi yang Anda inginkan kepada perasaan calon konsumen.

Mulailah dengan membuat peta konsep yang terkait dengan bisnis Anda. Jelajahi kata-kata deskriptif, emosi, dan pengalaman yang Anda rasakan dalam membangun bisnis atau brand Anda. Dari situ, buatlah garis besar visualisai gambar yang terkait dengan perusahaan Anda.

Pertimbangkan untuk melakukan latihan menghafal yang sama dari saat Anda masih kecil dalam permainan menghafal sekolah melalui perangkat mnemonik untuk mengembangkan imajinasi Anda lebih jauh. Pendekatan ini akan membantu pikiran Anda dalam memasuki wilayah yang belum Anda pertimbangkan. Dengan melatih pikiran Anda, Anda akan menemukan konsep baru dan berkenalan dengan ilmu bahasa baru untuk dibangun di atas.

Seperti yang dikatakan oleh Rader penemu Bradroot, tujuan dalam melilih nama brand bisnis anda adlah menemukan konsep yang sesuai dengan pemikiran banyak orang, bukan dari beberapa pendapat orang. Buatlah gambar visualisasi yang dapat diingat oleh pelanggan dengan mudah. Tidak masalah apapun pilihan anda atau hubungan yang anda temukan, yang terpenting adalah pastikan untuk mencoba menghadapi ide-ide anda.

Jadilah inovator leksikal (inovator yang melekat para pelanggan)

Jika anda tidak dapat menemukan kata yang sempurna untuk mengambarkan esensi brand anda, maka ciptakanlah kata-kata anda sensiri. Kata-kata akan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman, ada kata-kata baru, seperti kata gaul atau kata formal yang masuk dalam pasar setiap saat.

Contoh yang terbaru kali ini adalah penemu google. Kata yang muncul dari ketidakjelasan akhirnya mendapat tempatnya di kamus Oxford. Ini adalah perusahaan yang berjalan menjauh dari orang-orang biasa pikirkan dan diketahui dapat menguji konsep baru.

Rader mendorong pendiri, manajer brand, dan profesional lainnya yang bertanggung jawab untuk menamai perusahaan agar keluar dari zona kenyamanan mereka. Explore semua hal yang dilakukan masyarakat, dan mintalah pendapat baru kepada pelanggan untuk mendiskripsikan brand anda dengan begitu anda akan mendapat perspektif yang kasual dan otentik.

Inovasi dan kemajuan datang dari hasil petualangan anda dlam medan baru. Nama bisnis anda seharusnya tidak berbeda dengan produk atau layanan anda, mintalah beberapa orang untuk memberikan kata-kata pada brand anda.  Tapi jika kalian merasa bingung bisa coba konsultan brand perusahaan ke ahlinya di www.jareku.com

Jika kalian membutuhkan kata, maka ciptakanlah.

Pemikiran yang terakhir

Pilih nama merek yang mendorong pelanggan target anda untuk merasakan dan berpikir dengan cara baru. Mintalah pendapat mereka tentang area baru untuk dijelajahi. Pikirkan di luar kotak dengan menjelajahi bahasa baru, menemukan kata-kata baru, dan bahasa gaul. Delain itu setelah anda memiliki nama perusahaan anda bisa gunakan untuk membuat kartu nama pribadi yang ada logo dan nama perusahaan

Bila Anda melihat penamaan dari perspektif ini, Anda akan melihat bahwa Anda memiliki lebih banyak pilihan dari yang anda sadari dan anda mungkin mendapatkan nama domain dot-com itu.